ads 120*600

Translate

View Visitor

ads 125*125

Wednesday 18 January 2017

Sejarah tentang Monalisa


Lukisan Mona Lisa adalah salah satu lukisan yang sangat fenomenal karya Leonardo da Vinci yang di buat pada tahun 1503 – 1517, namun kebenarannya pun masih sering diperbincangkan. Lukisan ini menggambarkan sosok wanita berambut panjang dengan gaun Kerajaan berwarna hijau tua, lukisan berbentuk potrait dan mengambil setengah badan objek wanita tersebut.

Diprediksi bahwa wanita tersebut bernama Lisa, dan lukisan tersebut diberi nama Mona Lisa artinya Nyonya Lisa. Saat tahun 1911 lukisan ini sempat dicuri hingga akhirnya ditemukan dalam keadaan yang sungguh lusuh tersiram cairan asam. Hingga akhirnya pada sejarawan berinisiatif melindungi lukisan tersebut dengan kotak kaca anti peluru. Namun karena usianya yang sudah mencapai 500 tahun, lukisan tersebut sudah terlihat samar.

Uniknya selain Mona Lisa, terdapat berbagai nama yang diberi orang untuk lukisan tersebut, di Prancis sendiri menyebut lukisan tersebut La Joconde. Di Itali, lukisan tersebut dinamakan La Gioconda yang artinya orang yang berbahagia.
Pasca da Vinci meninggal, lukisan tersebut diwariskan pada murid dan asistennya, akhirnya lukisan ini dibeli oleh King Francis I of France dan sempat disimpan di Palace of Fontainebleau. Namun sayangnya lukisan ini sempat berpindah-pindah tangan bahkan hilang dan dicuri. Sekarang lukisan ini berdiri tegak di Museum The Louvre, Prancis.


Bahasa Italia: La Gioconda, Bahasa Perancis: La Joconde

Mona Lisa, by Leonardo da Vinci, from C2RMF retouched.jpg
Artis Leonardo da Vinci
Tahun kr. 1503–06, diperkirakan dilanjutkan hingga kr. 1517
Tipe Lukisan minyak
Material Populus
Subyek Kemungkinan Lisa Gherardini[1]
Dimensi 77 cm × 53 cm (30 in × 21 in)
Lokasi Musée du Louvre, Paris

Penamaan dan subjek

Nama atau judul lukisan Mona Lisa berasal dari biografi Giorgio Vasari tentang Leonardo da Vinci, yang terbit 31 tahun setelah ia meninggal dunia. Di dalam buku ini disebutkan bahwa wanita dalam lukisan ini adalah Lisa Gherardini.[4][5]
Mona dalam bahasa Italia adalah singkatan untuk ma donna yang artinya adalah "nyonyaku". Sehingga judul lukisan artinya adalah Nyonya Lisa. Dalam bahasa Italia biasanya judul lukisan ditulis sebagai Monna Lisa.
Lalu La Gioconda adalah bentuk feminin dari Giocondo. Kata giocondo dalam bahasa Italia artinya adalah "riang" dan la gioconda artinya adalah "wanita riang". Berkat senyum Mona Lisa yang misterius ini, frasa ini memiliki makna ganda. Begitu pula terjemahannya dalam bahasa Perancis; La Joconde.
Nama Mona Lisa dan La Gioconda atau La Joconde menjadi judul lukisan ini yang diterima secara luas semenjak abad ke-19. Sebelumnya lukisan ini disebut dengan berbagai nama seperti "Wanita dari Firenze" atau "Seorang wanita bangsawan dengan kerudung tipis".



2 comments: